Latihan 12.1
menulis halaman
manual untuk membuat secangkir kopi. Menganggap pengguna Anda tidak
memiliki pengalaman tapi akan mengenali Piala, ketel, sendok, dll.
Swap manual Anda dengan mitra. Apakah mitra manual memberikan
instruksi yang cukup untuk membuat secangkir kopi? Membahas perbaikan
dengan pasangan Anda dan menyetujui versi final manual.
Jawaban
pertama
Anda harus memutuskan berdasarkan tingkat rincian yang Anda ingin
bekerja di. Tujuan dari latihan ini adalah untuk menunjukkan bahwa
itu bukanlah langsung sebagai mungkin tampak untuk memberikan
instruksi bahkan untuk tugas yang sangat akrab dan dipahami dengan
baik. Mengingat ini, itu sangat membantu untuk mengasumsikan bahwa
pengguna yang mengetahui sangat sedikit. Contoh solusi (tabel 12.x1)
mengasumsikan bahwa pengguna akan mengenali objek (mungkin mereka
diberi label) dan memahami tindakan Umum dan arah, tetapi tidak
tindakan spesifik yang diperlukan di sini. Atau Anda dapat memilih
untuk menganggap bahwa pengguna tahu bagaimana untuk menyalakan keran
dan membuka botol. Kedua pilihan bisa dikembangkan lebih
lanjut jika diperlukan. Alternatif lainnya dapat dimasukkan seperti
mendapatkan air dari sumber lain. Diskusi harus fokus pada
asumsi-asumsi yang dibuat. Siswa harus membuat keputusan sadar untuk
asumsi apa untuk membuat, daripada membuat mereka secara default. Ini
harus memastikan bahwa asumsi-asumsi yang dibuat sesuai untuk
pengguna tertentu. Siswa juga bisa kontras jawaban mereka di sini,
berdasarkan bahan dalam bab ini, dengan membuat teh manual dalam Bab
7. Bagaimana berguna apakah mereka merasa tugas analisis adalah dalam
merancang sebuah manual?
Latihan 12,2
menemukan aplikasi komputer yang Anda
belum pernah menggunakan sebelumnya. Mencoba untuk belajar
menggunakan menggunakan hanya on-line dukungan. Apakah ada informasi
yang cukup untuk memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi secara
efektif? Apakah informasi yang mudah untuk menemukan? Apa perbaikan
(jika ada) yang akan Anda sarankan?
Jawaban
ini adalah latihan investigasi yang
ada adalah tidak ada contoh solusi. Kemungkinan sistem untuk
mempertimbangkan akan word processor (misalnya, kata, WordPerfect,
kata untuk Windows), paket grafis (MacDraw, Superpaint, CorelDraw)
atau spreadsheet (Excel, Lotus). Mungkin akan membantu untuk
memberikan mahasiswa dengan daftar tugas belajar untuk melakukan
menggunakan aplikasi. Termasuk dalam tugas-tugas dasar daftar ini
(membuat dokumen, spreadsheet, dll) dan yang lebih kompleks
(menciptakan template, dll.). Tujuannya adalah untuk mendapatkan
siswa untuk berpikir tentang penyediaan bantuan dari sudut pandang
pengguna soliter mencoba mencari hal-hal sendirian. Siswa harus
karena itu membuat eksplisit pengetahuan digunakan untuk membantu
menafsirkan sistem ( misalnya, menggunakan sistem yang sama ).
Latihan 12.3 apa pengetahuan
yang dibutuhkan untuk membangun sistem cerdas bantuan? Yang menurut
Anda paling sulit untuk memberikan dan mengapa?
Jawaban
itu membutuhkan pengetahuan yang
domain dan pengetahuan pengguna setidaknya. Ini juga mungkin
membutuhkan pengetahuan tentang mengajar strategi dan tugas.
Pengetahuan pengguna biasanya paling sulit untuk memberikan bersamaan
dengan pengetahuan tentang tugas. Bahkan jika pengguna dapat
dipantau, menafsirkan perilaku u2019s % pengguna dalam apa pun
kecuali kasar sulit tanpa akses ke proses berpikir nya. Namun tingkat
interpretasi, dan generalisasi, dapat membantu tetap (misalnya,
catatan apa pengguna yang telah dilakukan berhasil atau seberapa
sering dia telah menggunakan aplikasi). Konteks ini boleh disimpulkan
dari pengguna kegiatan saat ini. Ini juga bisa menjadi sulit untuk
menentukan Namun, kecuali jika itu adalah kasus sederhana yang mana
alat digunakan menunjukkan aktivitas yang dilakukan. Domain
pengetahuan dalam pengertian umum adalah mungkin yang paling mudah
untuk memberikan (meskipun hal ini memakan waktu untuk melakukannya).
Tersedia dalam sistem itu sendiri atau dari perancang.
Latihan 12.4 melihat sistem
dukungan on-line sebanyak yang Anda bisa. Yang Apakah Anda menemukan
yang paling berguna dan mengapa? Cobalah untuk menggunakan
persyaratan yang dibahas dalam bagian 12,2
Jawaban
ini adalah lain tugas investigasi yang
terbuka. Seperangkat persyaratan di bagian 12,2. harus menyediakan
siswa dengan struktur untuk mengevaluasi sistem. Sistem penilaian
yang mungkin akan bekerja untuk membantu perbandingan. Mencoba untuk
membandingkan sistem bantuan umum konteks sensitif (misalnya, balon
bantuan) dengan aplikasi spesifik. Juga hypertext didasarkan bantuan
systemwould memberikan kontras yang menarik sebagai akan sistem
bantuan berdasarkan manual (seperti pria UNIX) dan sebuah prompt
berbasis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar