Sabtu, 30 Maret 2013

PERANAN MAHASISWA TERHADAP KEMAJUAN BANGSA DIMASA SEKARANG

PERANAN MAHASISWA TERHADAP KEMAJUAN BANGSA DIMASA SEKARANG
           
Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Karena itu, kita sebagai mahasiswa harus mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa ini.
        
      Peranan para mahasiswa ini tidak semua membawa efek positif terhadap pandangan bangsa kedepannya, tapi ada juga beberapa kelompok pemuda yang membawa pandangan negatif. Tidak hanya kondisi para pemuda yang mendukung negara sendiri yang nampak, tapi juga terdapat beberapa kondisi dimana bangsa sendiri malah menjadi penyebab kerusuhan yang terjadi di negara ini. Oleh karena itu, sebagai salah satu kelompok sosial yang merupakan bagian dari masyarakat, mahasiswa berperan sebagai kontrol sosial dan menjadi golongan masyarakat yang memberikan perubahan. Mahasiswa harus memberikan peranan yang adil, beretika, aspiratif, partisipatif, memiliki ide yang membangun, pemikiran ke depan dan gagasan untuk membangun pribadi yang madani didalam masyarakat.


       
        Mengenai mahasiswa itu sendiri, idealnya Perguruan Tinggi membentuk insan akademis yang dapat melakukan belajar secara mandiri serta mencari dan membela kebenaran ilmiah. Dengan adanya pendidikan berkarakter yang diterapkan di Perguruan Tinggi maka diharapkan mahasiswa dapat merancang visi masa depan untuk diri sendiri, lingkungan, dan keluarga dan membentuk masyarakat madani yang kreatif dan inovatif. Pendidikan yang diberikan dari Perguruan Tinggi ini mengarahkan pada perjuangan mahasiswa untuk mendekatkan realita dengan kondisi ideal.
        
           Kini tantangan masa depan yang harus dihadapi oleh Bangsa kita semakin banyak. Sesudah reformasi terjadi berbagai tantangan baru seperti globalisasi informasi, keberagaman ideologi, politik pencitraan, generasi muda milenium, serta krisis sosial dan ekonomi yang mengglobal. Untuk menjawab semua tantangan tersebut Perguruan Tinggi yang merupakan irisan dari pemerintah, masyarakat sipil, dan masyarakat ekonomi memiliki peran yang sangat penting. Mahasiswalah yang menjadi titik tumpu agar Indonesia dapat bertransformasi menjadi Indonesia yang mandiri dengan membentuk masyarakat yang kreatif dan inovatif.

Sumber :  http://riyanhidayattulloh.wordpress.com/2013/03/12/peranan-mahasiswa-terhadap-kemajuan-bangsa-dimasa-sekarang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar